may Allah Bless you

Wednesday 1 June 2011

Dakwah Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu kepada Ibunya


Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, dia berkata,“Aku mengajak ibuku yang ketika itu
masih musyrik agar masuk Islam. Suatu hari, ketika aku berdakwah
kepadanya, ia justeru mengomen Rasulullah Shalallahu ‘Alahi wa Sallam
sehingga membuat aku kurang suka. Maka Aku menemui Rasulullah saw
sambil menangis dan kukatakan kepada beliau,”Wahai Rasulullah, aku
sudah berusaha mengajak kepada ibuku supaya dia masuk Islam, tetapi dia
malah mengomen engkau. Tentu saja aku tidak suka dengan sikapnya itu.
Maka berdoalah kepada Allah Subhana wa Ta’ala agar Dia memberikan
petunjuk kepada ibu Abu Hurairah.” Maka beliau Shalallahu ‘Alahi wa
Sallam bersabda,mahfumnya”Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada ibu Abu
Hurairah.” Aku pun keluar dari tempat beliau dengan wajah berseri
karena doa Rasulullah saw tersebut. Setiba dirumah, aku langsung menuju
pintu yang ternyata dalam keadaan terkunci. Ibuku yang mendengar suara
langkah kakiku berkata dari dalam rumah,“Tetaplah diam ditempatmu itu
wahai Abu Hurairah.“ Aku mendengar suara gemericik air. Ketika itu dia
sudah membukakan pintu, ibu berkata,“Wahai Abu Hurairah, aku bersaksi
bahwa Muhammad adalah Rasul Allah.“ Aku kembali menemui Rasulullah
Shalallahu ‘Alahi wa Sallam dan mengabarkan keislaman ibuku. Maka
beliau memuji Allah swt. Seraya bersabda,mahfumnya,“Itu adalah kebaikan
dari-Nya.“ Ahmad juga meriwayatkan yang serupa dengan hadist diatas.
Demikian dalam kitab Ishabah:4/241.



Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’ad
dalam kitab Ath-Thabaqat 4/328 dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia
berkata,“Demi Allah, setiap orang Mukmin baik laki-laki maupun
perempuan yang mendengar namaku, pastilah dia menyayangi aku. Ibnu
Sa’ad bertanya,“Apakah sebabnya?“ Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu
menjawab,“Dulu aku selalu menyampaikan dakwah kepada ibuku.“ Kisah
selanjutnya seperti yang telah lalu dan pada akhir riwayatnya
disebutkan, bahwa Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu berkata,“Kemudian aku
berlari menjumpai Rasulullah Shalallahu ‘Alahi wa Sallam sambil
menangis karena gembira seperti aku menangis karena sedih, lalu aku
berkata kepada beliau,“Berita gembira, wahai Rasulullah! Sesungguhnya
Allah swt telah mengabulkan do’a engkau. Sungguh, Allah Subhana wa
Ta’ala telah mengarunia ibu Abu Hurairah hidayah kepada Islam.“
Kemudian aku berkata,“Wahai Rasulullah, berdoalah kepada Allah swt agar
Dia mencintai aku dan ibuku kepada orang Mukmin laki-laki dan perempuan
dan mencintai setiap orang Mukmin laki-laki dan perempuan.“ Maka
Rasulullah Shalallahu ‘Alahi wa Sallam berdoa,mahfumnya“Ya Allah,
cintakanlah hamba-Mu ini (Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu) dan ibunya
kepada setiap orang Mukmin laki-laki dan perempuan!“ Sejak Rasulullah
Shalallahu ‘Alahi wa Sallam berdoa demikian, maka tidak ada satu pun
Mukmin laki-laki maupun perempuan yang mendengar namaku kecuali
pastilah dia mencintai aku.“

No comments:

Post a Comment

nama anak-anak