may Allah Bless you

Saturday 7 May 2011

Rasulullah Shalallahu ‘alahi wa sallam dengan sabar mengajak Hakam bin Kaisan untuk Islam

Ibnu Sa’ad
meriwayatkan sebuah kisah dari Miqdad bin Amr radhiyallahu ‘anhu.
Berikut ini penuturan dari Miqdad radhiyallahu ‘anhu,” Aku telah
menawan Hakam bin Kaisan dan ia diputuskan oleh panglima supaya dbunuh,
hingga ia kami hadapkan kepada Rasulullah dan beliau mengajaknya masuk
Islam dengan kalimat yang sejelas-jelasnya. Melihat hal ini, Umar bin
Khaththab radhiyallahu ‘anhu bertanya kepada Rasulullah Shalallahu
‘alahi wa sallam,”Ya Rasulullah mengapa engkau berbicara panjang lebar
kepada Hakam? Orang ini tidak akan masuk Islam selamanya. Izinkan saya
memenggal kepalanya agar ia masuk neraka Hawiyah.” Tetapi Rasulullah
Shalallahu ‘alahi wa sallam tidak menyetujui usul Umar radhiyallahu
‘anhu sampai akhirnya (berkat kesabaran Rasulullah) Hakam masuk Islam.
Lalu Umar radhiyallahu ‘anhu berkata,”Setelah aku dapati Hakam masuk
Islam, akupun karena merasa bersalah. Aku menyesal dan meratapi
ucapanku yang aku nilai mendahului Rasulullah, padahal beliau lebih
mengerti peristiwa yang akan terjadi daripada aku, walaupun aku hanya
berniat untuk mengusulkan saja.“ Kemudian Umar radhiyallahu ‘anhu
menceritakan bahwa Hakam bin Kaisan masuk Islam dan sangat baik
agamanya. Dia mengikuti fii sabilillah sampai akhirnya terbunuh dan
syahid disekitar sumur Ma’unah dalam keadaan diredhai Rasulullah dan
ia masuk surga.“

Juga menurut cerita Saad, Hakam bin Kaisan
bertanya kepada Rasulullah Shalallahu ‘alahi wa sallam,”Apakah Islam
itu?” Beliau menjawab“Engkau menyembah Allah saja dan bersaksi bahwa
Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.“ Hakam radhiyallahu ‘anhu pun
berkata,“Saya sudah masuk Islam.“ Kemudian Rasulullah berpaling kepada
para sahabat dan bersabda,”Seandainya aku menuruti kalian dan ia aku
bunuh, ia pasti masuk neraka.”

No comments:

Post a Comment

nama anak-anak